Pengalamanku dg Artisteer (software template blog)

2/04/2010 Sulis 8 Comments


Satu hal yang selalu membuatku kesal saat akan membuat blog, selain masalah nama atau alamat blog, adalah masalah template. Aku selalu dibingungkan dengan banyaknya template gratis yang ditawarkan di berbagai website. Di antara template gratis itu memang banyak yang bagus, yang jadi pertimbangan adalah apakah templatenya cocok dan sesuai dengan yang kubutuhkan?
Saat browsing (entah mencari apa... sudah lupa), tak sengaja aku menemukan blog seseorang yang membahas tentang Artisteer. Di tulisan tsb. dijelaskan betapa mudahnya menggunakan software ini. Artisteer dapat digunakan untuk membuat template Blogger, Joomla, Wordpress, Drupal, DotNetNuke, bahkan bisa untuk HTML Page. Satu kelemahannya pun ditulis, yaitu harus beli dan akan ada bookmark Trial di template yang sudah kita buat dengan Artisteer.

Karena bukan merupakan software gratis, kuputuskan untuk mencarinya di rental cd. Hampir semua rental cd kudatangi. Hasilnya...software itu sama sekali tidak ada. Akhirnya kuputuskan untuk mendownloadnya dari situs resminya meskipun trial. Lalu kucoba software itu. Ternyata memang sangat mudah menggunakannya. Kita tidak perlu membuat template dari nol, Artisteer sudah mempunyai beberapa contoh design template yang dapat kita ubah sesuai dengan keinginan kita. Ada kekurangan lain dari software dengan status trial ini, design template yang sudah kita buat tidak bisa kita simpan (save). Hal itu sempat membuatku sedikit stress. Capek-capek membuat ternyata tidak bisa disimpan.
Akhirnya kuupload template buatanku, hasilnya...seluruh template bertuliskan trial. Awalnya kupikirkan tulisan trial itu tidak akan terlalu mengganggu, tapi setelah kulihat rasanya tulisan itu benar-benar merusak pemandangan. Sempat stress lagi, kuputuskan untuk mendownload cracknya. Yang kudapat adalah crack Artisteer versi lama, yang ternyata gak ada fasilitas untuk template Blogger. Stress lagi...
Hampir menyerah tentang Artisteer, kucari lagi crack Artisteer versi yang lebih baru, tetep  gak ketemu.  Terakhir kucari di google dengan keyword baru "Artisteer 2.3 activation code". Yang kutemukan adalah sebuah forum (namanya tehparadoks kalo gak salah) yang membicarakan tentang Artisteer. Jawaban tentang masalah Artisteer kutemukan di sini. Yang kuperlukan ternyata bukanlah crack, tapi sebuah software kecil bernama "Artisteer2Sniffer". (Tips: search Artisteer2Sniffer in www.4shared.com)
Copy software kecil tsb di folder bin tempat kita menginstall Artisteer. Jalankan Artisteer2Sniffer. Akhirnya Artisteer bisa kugunakan secara "legal". Template buatanku bisa disave, tidak ada tulisan trial lagi di templateku, pokoknya sip! Template blog ini hasilnya. (catatan: sekarang aku pake template gratis, bukan artisteer)


Update 22 Agustus 2010: cari Artisteer2Sniffer? Lihat di sini.
Reblog this post [with Zemanta]

You Might Also Like

8 comments:

  1. AnonymousJuly 05, 2010

    tolong donk klo bisa situs tuk download Artisteernya ...terima kasih sbelumnya.....

    ReplyDelete
  2. Link download Artisteernya bisa kamu dapat dari website resminya langsung (tapi trial). Lalu download ArtisteerSniffer di 4shared agar bisa make artisteer secara penuh.

    ReplyDelete
  3. Sekarang ini di 4shared memang sudah gak ada. Mungkin sudah dihapus.
    Siniffernya bisa kamu lihat di sini
    http://aviantisr.blogspot.com/2010/08/artisteer-23-software-pembuat-template.html

    ReplyDelete
  4. gan sofware artisteer ga bisa di save or save as kalau seri trialnya, kalau di export juaga seluruh bagiannya ada tulisan trialnya.....why????

    ReplyDelete
  5. terimakasih atas pegalamanya soalanya saya begitu juga

    ReplyDelete
  6. @abdullah: Karena softwarenya itu versi trial. Oleh krn itu kita butuh program "artisteer sniffer", yg membuat versi trial menjadi versi full version.

    @daus ken: *Tos

    ReplyDelete
  7. Bro... hari ini 10-mei-2013
    syukur saya sukses dapat versi 4.1, crack juga sudah dapat, senangnya hatiku
    sekarang udah banyak kok di google, dicoba aja.
    kalau stress nyari gak ketemu, email kesini: multi.agronusa@yahoo.com

    ReplyDelete