One email for two Twitter accounts

5/27/2010 Sulis 0 Comments

Pengalaman ini baru aku dapatkan kemarin, saat aku ingin membuat twitter account untuk blogku yang satu lagi.
Pada saat itu aku kebingungan bagaimana caranya membuat account twitter baru dengan menggunakan alamat email yang sama.
Setelah mencari di Google, pencarianku berhenti di Scribd.com
Ada satu dokumen di Scribd yang menerangkan bagaimana caranya membuat 2 account twitter dengan menggunakan alamat email yang sama. Namun ada satu syarat yang harus dipenuhi agar cara ini berhasil. Syaratnya adalah.......
pakai Gmail. Ya, cara ini hanya berhasil untuk Gmail. Untungnya aku pake Gmail (sebenarnya aku punya 2 email, Yahoo dan Gmail), jadi bisa dengan segera mempraktekkannya.

Berikut langkah-langkahnya:
1. Aku anggap kalian sudah punya Gmail. Sign in ke Gmailmu. Click text "Buat filter"/"Create a filter" yang biasanya berada di samping kotak pencarian email. Lihat gambar supaya lebih jelas.




2. Setelah itu akan muncul,




Pada kotak "Ke:"/"To:" isikan dengan usernamegmailmu+alias@gmail.com
Pada gambar di atas, tertulis: aviantisr+freesoftware@gmail.com, jadi aviantisr adalah username gmailku, sedangkan freesoftware adalah nama alias yang kupakai. Nama aliasnya terserah kalian.
Jadi rumusnya usernameGmail+alias@gmail.com (jangan lupakan tanda "+" nya!).
Lalu click "Next"/"Langkah Berikutnya"

3.Beri tanda centang (check) pada option "Gunakan label ini:"/"Apply the label"  Lalu pada "Pilih label..." pilih "Label baru"/"New label"
Tapi jika tampilan Gmailmu adalah Html biasa bukan tampilan standar, pilihan "Label baru" tidak ada. Jadi kamu harus membuat label baru terlebih dahulu.




Tuliskan nama label yang baru, contohnya "freesoftware". Nama label terserah kalian.
Lalu click "Buat Filter"/"Create Filter".
Gmail alias kalian sudah jadi. Sekarang kita lakukan test.

4. Coba kirim email dari gmail kalian yang lama ke/ditujukan ke alamat gmailmu yang baru. Isi emailnya terserah..... tulis aja:  Test...test....123. Lalu kirim. Kemudian lihat di "Kotak Masuk"/Inbox
Di Kotak Masuk akan terlihat ada kiriman dari "saya"/"me"

5. Jika langkah no.4 sudah berhasil, maka langkah selanjutnya tinggal mendaftar di Twitter, ingat menggunakan Gmailaliasmu, yang "usernameGmailmu+alias@gmail.com"

Selamat mencoba!

You Might Also Like

0 comments: