Mencari part-time job di Djogja

6/28/2010 Sulis 12 Comments

Saat ini semakin banyak mahasiswa yang mencari kerja part-time. Apalagi di Jogja yang merupakan kota pelajar. Rasanya semakin banyak mahasiswa di Jogja, baik yang berasal dari Jogja maupun dari kota lain.

Apa enaknya kerja part-time sih? Tentu saja karena bisa dapet uang! Bisa buat uang kuliah atau nambahin uang jajan.
Menghasilkan uang dengan usaha sendiri memang sungguh mengasyikkan, tapi perlu juga diperhitungkan juga dampaknya ke kuliah kita. Kayak aku, yang semakin malas ngerjain skripsi karena alasan capek. Padahal kerjanya cuma duduk doang! (mungkin karena kerjanya duduk melulu badan jadi pada pegel semua).

Kusarankan bagi pencari kerja part-time (bukan online lho!) lebih baik yang mahasiswa tingkat akhir saja, karena meskipun namanya part-time, waktu kerjanya lumayan, rata-rata 7-8 jam sehari.
Jadi untuk pelajar sangat tidak disarankan karena waktunya habis di sekolah. Atau mau malem? Capek banget dong..... selesai sekolah lalu kerja. Juga tidak disarankan untuk mahasiswa yang masih memiliki jadwal kuliah penuh.

Macam-macam kerja part-time:
1. Operator warnet atau pembantu operator warnet. Mungkin kerja jenis ini yang paling dicari karena cuma duduk dan bisa ngenet gratis, dibayar pula! Kamu dapet cari kerja tipe ini di koran kayak KR (kedaulatan Rakyat) atau kadang2 warnet pasang kertas pengumuman adanya lowker di pintu masuk.
Gajinya rata-rata 8000 - 10.0000 rupiah per shift. Jadi besarnya gaji yang kamu dapat per bulannya tergantung banyaknya shift kerjamu. Untuk warnet besar biasanya per pekerja dapat shift 2-3 kali seminggu. Mungkin paling banyak kamu dapet 200.000 rupiah, atau malah kurang dari 200.0000 ya? Ha..ha...ha... kamu hitung sendiri deh!
Kalo aku per bulan minimal 200.000 rupiah. Kok bisa? Begini situasiku...aku kerja 5 hari seminggu. Banyak ya? Soalnya di warnet ini pekerjanya cuma 3 orang termasuk aku sendiri. Ya...ini warnet kecil, lokasinya agak terpencil, di daerah perumahan. Kecewa kerja di warnet ini? Sama sekali tidak! Karena gaji yang kudapat di sini lebih besar dibandingkan kerja di warnet besar, 12.000 per shift! Padahal saat wawancara dan ditanya minta gaji berapa, aku jawabnya 10 ribu (sebenarnya waktu itu aku takut kalo gaji yang kuminta ketinggian). Eh, malah aku dikasih gaji 12.000 per shift. Baik banget Pak A (bos)! Di sini op bisa utang juga lho! (asal jangan kebanyakan).
Jadi jangan remehkan warnet kecil.
Kemampuan yang dibutuhkan: minimal bisa ngenet (kadang ada pelanggan yang minta bantuan buatin email,  facebook, upload foto, dll), terbiasa dengan microsoft office (word, excel) atau open office.
Setelah diterima kerja kamu masih perlu adaptasi, seperti: penggunaan software billing, gimana kalo ada yang mo ngerint, beli minum & snack (harga barang perlu juga dihapalin), peraturan kerja di warnet.
Aku termasuk  orang telmi (telat mikir) jadi agak lambat ngitung kembalian, untung software kalkulator di komputer. Tapi lama-lama terbiasa juga ngitung tanpa kalkulator.

2. Kerja di rental komputer atau film dan software. Kalo yang ini aku gak tahu gajinya berapa. Kalo mau kerja macam ini cari di waktu2 tertentu kayak menjelang wisuda. Informasi lowongan di rental film dan software jarang yang dipasang di KR, kebanyakan pasang pengumuman di pintu masuk tokonya. Jadi harus sering2 berkunjung ke tempat rental dan film.
Tempat rental film&software yang sering pasang lowongan Studio One dan Wahana Disc.

3. Kerja di laundry. Kalo yang ini lumayan sering kulihat di KR. Tapi pikir2 juga tenaga yang dimiliki. Kerja di sini khan berat. Angkut2 pakaian yang berkilo2, nyetrika, belum lagi kalo ada layanan antar-jemput. Tapi kurasa ada sisi baiknya, yaitu gaji yang lebih tinggi.

4. Kerja jadi pelayan ato waitress. Bisa dicari di KR

5. Kerja jadi penjaga toko ato counter. Bisa dicari di KR. Dagadu Jogja keliatannya secara rutin membuka lowongan part-time bagi mahasiswa, tapi mereka punya kualifikasi yang diinginkan.

6. Kerja di franchise. Kalo yang ini cukup sulit didapat. Karena franchise apalagi yang sudah mendunia punya standar kebersihan dan pelayanan sendiri. Jadi pasti ada pelatihan. Info lowongan kerja di sini mungkin cuma bisa diketahui dari pengumuman yang ditempel di toko mereka masing2.

7. Aku lupa, kerja jadi pembimbing les. Beberapa lembaga bimbingan les kadang menempelkan pengumuman lowongan kerjanya di kampus-kampus atau kamu bisa melihatnya di KR. Tentu saja pekerjaan ini memerlukan kualifikasi khusus, terutama nilai IP atau IPK.

Ya itulah berbagai macam pekerjaan part-time yang tersedia di Jogja yang kuketahui saat ini. Semoga berguna bagi para pencari part-time job di Jogja.

You Might Also Like

12 comments:

  1. AnonymousJuly 01, 2010

    makasih ea...
    petunjuk yg bagus untukQ.,
    blog ini telah memberiQ pencerahan.,
    ha ha, lebay...

    ReplyDelete
  2. AnonymousJuly 04, 2010

    yupi.... kalau dipikir2 benar teman!
    tapi, kadang2 perasaan iri sama teman yg punya kerja part time, datang! mereka punya gaji yg bisa diandalin, bahkan kadang ga minta uang ortu buat biaya kuliah. sedangkan saya merasa hanya berputar2 di lingkaran setan (kuliah-kantin-rumah, dst) saja.
    gmn donk kita menyikapinya? thx..

    ReplyDelete
  3. Sama2. Senang rasanya bisa memberi petunjuk, karena biasanya aku yang minta petunjuk :D

    Kuliah-kantin-rumah, bukanlah lingkaran setan, cuma kurang variasi. Variasi bisa didapat dari kegiatan di kampus (bukan kegiatan kuliah lho!) atau kegiatan sosial. Gak kudu mesti part-time. Yang penting kuliah berjalan lancar, karena itu yang terpenting.

    ReplyDelete
  4. AnonymousJuly 09, 2010

    kosanku d karanggayam mas. ada lowongan partime jaga warnet??
    085739032878 tolong hubungi aku ya mas. makasih...

    ReplyDelete
  5. AnonymousJuly 12, 2010

    makasii ya .. blognya banyak sedikitnya ngasih gambarannn :pppp

    ReplyDelete
  6. Aku memang cuma bisa ngasih gambaran ;)


    Kalo aku tahu ada lowongan warnet, insyaallah kukasih tahu. (Ngomong2 ane perempuan lho!)

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. ?????? Salam kenal bwt online business.

    ReplyDelete
  9. waktu baca tulisan ini jadi inget waktu kuliah dulu nyambi cari-cari kerja parttime dijogja.Dan alhamdulliah dengan mencari kerja sampingan aq dapat membantu meringankan bayar kuliah ortu dan mempunyai bekal pengalaman kerja setelah lulus...keep blogging lam kenal...

    ReplyDelete
  10. Salam kenal juga bung Ris....
    Terima kasih telah berkunjung di blogku.
    Mohon ijin berkunjung di blog Anda.

    ReplyDelete
  11. mbaakkk...aku mau tanya, klo mo part time di warnet itu enaknya nyari yg di tempat2 terpencil gt yah di jogja? soalnya aku pernah nyari kerja di warnet tp malah suruh beli formulir mahal,blom trus ntar di training 3 bulan, hbs itu pake jaminan ijazah...ribet pokoknya. bisa kasih lebih banyak rekomen ga? thanks

    tia

    ReplyDelete
  12. Yang pake formulir itu aku juga pernah hampir nyoba. Aku dah beli formulirnya, tapi pas mau tes aku gak bawa materai dan waktu itu aku gak bawa uang, gak jadi deh!
    Untuk yang pake formulir itu biasanya warnet yang udah franchise, yang udah bertaraf nasional, punya cabang dimana-mana. Jadi keliatannya juga punya standar kerja sendiri.
    Gak perlu nyari di tempat terpencil. Tipsnya, kalo kamu tahu ada lowongan part-time warnet, kunjungi aja dulu warnetnya. Kira-kira kamu cocok gak dengan suasananya.

    ReplyDelete