Resep membuat mie instan sedap

8/14/2010 Sulis 1 Comments

Kali ini saya ingin berbagi tips tentang cara membuat mie instan.
Kalian pasti bingung, membuat mie instan saja pake tips segala. Khan cara masak mie instan tinggal masukkan bahan dan bumbu ke dalam air panas. Butuh tips apa lagi?

Ini tips agar mie instan yang kita buat menjadi lebih sedap.
Cara ini selalu digunakan oleh keluarga kami saat memasak mie instan.

Kami biasa memasak mie instan untuk sarapan (tapi tidak setiap hari, 2 hari dalam seminggu) atau jika di rumah tidak ada makanan lain, atau saat malam hari kalo rasa lapar menyerang.

Nah, bagaimana kami memasak mie instan?
Ada dua bahan yang kami tambahkan saat memasak mie, yaitu:
1. Bawang merah. Sebelum kami memasukkan air ke dalam panci untuk di panaskan, terlebih dahulu kami menggoreng 1 siung bawang merah (untuk 1 porsi) yang sudah diiris tipis di dalam panci yang akan digunakan. Ibuku kadang menambahkan sedikit irisan bawang putih. Jangan sampai terlalu garing menggorengnya. Jika sudah harum dan sedikit kecoklatan, masukkan air sesuai takaran yang dianjurkan lalu masak mienya seperti yang tertulis di kemasan.

2. Dedaunan. Kami juga biasa menambahkan daun-daun hijau saat memasak mie. Ingat ya....pilih daun yang bisa dimakan (jangan daun rambutan, daun nangka, jangan asal hijau). Dulu kami memakai daun luntas, daun yang ibu tanam di pekarangan. Tapi karena sekarang daunnya sekarang jarang, pakai daun lain (aku tak tahu namanya) yang juga ditanam ibuku di pekarangan. Tapi aku lebih senang jika pakai daun ketela. Hasil jauh lebih sedap. Masukkan daun ketela ke dalam air sebelum air mendidih, setelah air mendidih dan daun sudah agak layu, masukkan mienya, lalu masak seperti biasa. Jangan lupa masukkan sedikit garam.

Itulah dua bahan sederhana yang diperlukan untuk membuat mie instan lebih sedap.
Cobalah, pasti sedap tuh!

You Might Also Like

1 comment:

  1. penjelasanya terlalu ribet harusnya di tulis bahan : bawang merah ,sdt cara pembuatan : iris bawang lalu tumis (penjelasan lain) dst

    harusnya dibuat semaacam itu jadi pembaca tidak ribet membacanya...

    tulisannya terlalu ribet jadi orang mau baca juga dah male duluan

    ReplyDelete