Awas pembeli penipu!

4/24/2011 Sulis 0 Comments

Beberapa waktu yang lalu, dari milis pengusaha muslim yang aku ikuti, ada sebuah cerita pengalaman tentang peniupuan yang dilakukan seseorang dengan berpura-pura sebagai pembeli.
Dengan membagi cerita ini, saya harap teman-teman yang berbisnis online menjadi lebih waspada.
Mari kita simak ceritanya.

Assalamualaikum waarahmatullah wa barakatuh



Kepada Saudara/i di milist, Saya ingin mengajak untuk berhati-hati
terhadap nomer hp 081283155547 an Sugiono. Di bekasi uda ada 2 orang
yang tertipu dengan modus operandi baru. berikut saya jelaskan modusnya:



1. Pak Sugiono akan menelpon kita untuk order barang dari kita. Orang ini akan menanyakan harga barang dan diskon untuk dia.

2. Dia akan bilang akan segera transfer sesuai jumlah yg dia order dan
meminta kita sms no rekening kita. dia menyiapkan ekening BCA, Mandiri
dan BNI

3. kurang lebih 2 jam kemudian (kadang lebih dari 2jam) dia segera
ngabarin kalo dia uda transfer dan barang diminta dikirim ke alamat yg
dia sms.

4. KEtika kita cek di rekening, tidak ada transfer atas nama SUIGONO,
lalu kita sampaikan ke orang ini bahwa transfernya belum masuk

5. Disinilah modus barunya, dia akan menyampaikan bahwa dia akan
menghubungi call center bank ( yang saya alami dia bergaya menghubungi
call center BCA ) dan mengajak telp konferens bertiga.

6. Sampai pada tahap ini, kita akan dijelaskan oleh orang yg ngaku-ngaku
dari call center bank bahwa ada masalah dengan internet banking dan
diminta ke ATM terdekat utk dipandu melihat saldo

7. Jika kita mau ke ATM maka ada kemungkinan akan kena GENDAM, kecuali kita menjaga diri kita.

8. Di ATM kita tidak dipandu untuk mengecek saldo, tapi kita dipandu untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening lain.

9. Beberapa temen langsung sadar ketika call center bohong-bohongan ini
mengarahkan memilih opsi transfer di mesin ATM, tapi menurut info yang
masuk ke saya pagi ini, 2 orang di bekasi uda kena tipu modus kayak
gini.

10. Yang perlu diberi garis besar, ini bukan penipuan untuk pembelian
barang, tapi ini modus baru penipuan berkedok pembelian barang.

11. Dalam catatan saya, ada 6 orang yang mendapat telp dari nomer 081283155547 sejak pekan lalu.

12. Secara kebetulan, didalam jaringan distribusi kami di jabodetabek dan medan yang terkena percobaan penipuan

13. Untuk kasus yang menimpa jaringan distribusi produk kami, sangatlah
jelas orang ini melihat daftar nomer telp dari majalah Nikah Sakinah.

14. Saya sangat mengkhawatirkan temen-temen ada yang terkena tipuan ini,
karena sebagian besar pengiklan herbal di majalah Nikah Sakinah atau
Majalah AsSunnah memberikan kebijakan pembayaran tunda, ini sangat
berpotensi, walaupun jika dilihat dari modus operandinya orang ini tidak
berniat menguasai produknya, tapi hanya ingin mendapat transfer.

Bukannya ingin menakut-nakuti, tapi saya hanya ingin mengajak supaya lebih waspada saja.
Teruslah berbisnis sehat dan berkah.


You Might Also Like

0 comments: