Toko sepatu sangat murah di Jogja

5/13/2011 Sulis 0 Comments

Seminggu yang lalu aku diajak ibuku membeli sepatu untuk olahraga, karena pada hari minggunya ada acara jalan-jalan sehat bersama Pak Walikota Yogyakarta. Dan seperti biasanya, ibuku selalu mempersiapkan segala "peralatan" yang diperlukan jika akan mengikuti sebuah acara/kegiatan. Baju/kaos apa yang akan dipakai, apa kaos kakinya ada, celana olahraganya sudah ada atau belum, kerudungnya apa sudah matching dengan pakaiannya, lalu sepatu yang diperlukan apa sudah ada?
Nah untuk "peralatan" yang terakhir masih harus dicari. Ibuku memang tidak punya sepatu khusus olahraga, sedangkan sepatuku sudah bolong (sebenarnya aku gak keberatan untuk memakainya karena aku jenis orang yang tidak terlalu memperhatikan penampilan).
Jadi ibu berencana untuk membeli sepatu "shaolin" atau semacamnya,  kalau aku sih cari aja apa ada yang cocok.
Ibu langsung mengajakku ke sebuah toko, setelah beliau bertanya kepada kakakku dimana kakakku membeli sepatu, karena kata kakakku harganya murah dan kualitasnya juga lumayan.
Dan di toko inilah kami membeli sepatu kami. Toko Sepatu Lie Jaya. Kalian mungkin tidak akan pernah menemukannya walaupun sudah muter-muter Jogja ratusan kali. Karena apa? Karena tempatnya tertutup. Bukan tertutup seperti masuk gang, lha wong tempatnya di pinggir jalan kok, tapi maksudnya tertutupi. Bagaimana tidak, di depan toko itu selalu terparkir gerobak jualan soto (kalau aku tidak salah ingat), dan lagi nama tokonya tertutupi spanduk yang lumayan lebar. Kalian pasti tidak akan menyangka kalau disana sebenarnya ada toko sepatu.
Dimana kalian bisa menemukan toko ini? Gampang kok! Datang saja ke Pasar Demangan (Jalan Gejayan/Affandi). Jalan ke utara sedikit, kalo lihat ada gerobak jual soto, nah tokonya ada di belakang gerobak tersebut. Toko Sepatu Lie Jaya ini terletak antara Pasar Demangan dengan Toko Jogja Telor. Toko Lie Jaya ada di sebelah selatan Toko Jogja Telor.
Pemilik toko ini orang keturunan Tionghoa, dan penjaga tokonya cuma ada 1, seorang perempuan. Toko ini bisa dibilang kecil, sedikit lebih luas dibandingkan kamarku. Berbagai macam sepatu dan sandal bisa kalian temukan disana.
Stok sepatu di toko ini tidak semuanya baru. Ini bukan berarti semua barang disana stok lama lho! Ada juga barang yang baru.
Ibuku akhirnya memilih sepatu yang hampir mirip dengan yang beliau cari, sedangkan aku memilih sepatu dengan bahan kain yang terasa "tangguh". Dan tahukah kalian berapa uang yang dibayarkan untuk membeli kedua sepatu itu? Kurang dari 100 ribu. Mungkin sekitar 70 ribu - 80 ribu.
Harga sepatuku lebih murah dari sepatu ibuku, padahal sepatu yang dipilih ibuku modelnya sederhana sekali. Ini disebabkan sepatu yang kupilih merupakan stok atau model lama, sedangkan sepatu ibu model baru.
Dan hal yang paling asyik dari toko ini adalah pembeli bisa menawar! Walaupun di sepatu sudah dilabeli harga, kalian masih bisa menawar. Penawaran bisa dilakukan untuk barang baru ataupun lama. Dan ibuku menawar kedua sepatu yang kami pilih. Untuk barang lama kalian bisa menawarnya hingga 10 ribu, kalau untuk barang baru mungkin 5-7 ribu saja. Tapi siapa tahu, jika kalian pandai menawar, kalian mungkin bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Jadi, silakan datang saja ke Toko Sepatu Lie Jaya ini, siapa tahu cocok.

(^ o ^)

You Might Also Like

0 comments: